Senin, 28 November 2011

Membuat Folder yang tidak Bisa diHAPUS n rename dalam Flashdisk

Pernahkah kita menemukan suatu folder yang tidak bisa dihapus, setiap kali dihapus / di rename pasti error ? jika mengalami hal tersebut pastinya yang terlintas dalam fikiran kita mungkin folder ini kena virus sehingga tidak bisa dihapus/rename,  padahal sebenarnya itu bukanlah virus.

Kita juga akan bisa membuat folder yang tidak bisa dihapus. Folder ini nantinya akan sangat berguna untuk menyimpan file-file yang penting, yang tidak ingin dihapus, apalagi jika file tersebut ada didalam flashdisk..

Ada beberapa folder istimewa yang mempunyai karakteristik seperti diatas :
 -CON yang artinya console
- COM1 sampai COM9 yang artinya serial port
 -LPT1 sampai LPT9 yang artinya parallel port

Dan folder-folder tersebut tidak bisa kita buat secara manual, untuk membuat folder-folder tersebut hanya bisa dibuat dalam command prompt/CMD

Untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
·         Buka Command Prompt (Start – ketikkan CMD pada kotak Search).
Kemudian anda ketikkan pada drive mana anda akan membuat folder yang tidak bisa dihapus, sebagai contoh kita akan membuat folder pada drive L, ketikkan perintah “L:” (tanpa tanda petik), setelah itu anda tekan Enter pada keyboard, perhatikan gambar berikut ini :

·         Ketikkan perintah “md\CON\\” (yang berwarna merah, bisa kita ganti dengan nama-nama yang sudah ada diatas, tanpa tanda petik), kemudian anda tekan Enter lagi.

·         Lihatlah pada drive sekarang sudah ada satu folder dengan nama “CON”, silahkan isi dengan file-file yang ingin disimpan :)
·         Untuk membuktikan coba Delete folder tersebut pasti terdapat pesan error / tandanya tidak bisa anda hapus, pasti ada keterangan eror seperti gambar berikut ini :



Untuk cara mengembalikannya/menghapusnya, silahkan rubah perintah "md\CON\\" dengan "rd\CON\\" (Tanpa tanda petik yaa)

Semoga bisa bermanfaat

9 komentar:

 
;